BUDAYA REOG PONOROGO

Tari Reog Ponorogo - Sejarah - Alur Pertunjukan

Reog atau Singo Barong adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur, khususnya kota Ponorogo. Tidak hanya topeng kepala singa saja yang menjadi perangkat wajib kesenian ini. Tapi juga sosok warok dan rombongan berkuda yang menjadi bagian dari kesenian Reog. Di Indonesia, Reog khusus nya kota ponorogo adalah salah satu budaya daerah yang masih sangat kental dan mistis dengan hal-hal yang aneh

Seni Reog Ponorogo ini terdiri dari 2 sampai 3 pembukaan senia tari. Tarian pertama biasanya dibawakan oleh 6-8 pria warok dengan pakaian serba hitam, dengan sedikit dipoles warna merah san seterus nya tarian yang dibawakan oleh 6-8 gadis yang menaiki kuda dan seorang 2 laki laki lucu yaitu Bujang Ganong .

Pembukaan selesai dan terus bagian inti adalah penampilan seorang Kelono Sewandono yang membawa Pecut Saman Diman. Adegan terakhir adalah singo barong. Seorang penari memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak yang berat sangat mencapai 50-60 kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *